Berwisata Sejarah ke Goa Belanda – Bandung

Goa Belanda
Tugu Goa Belanda

Kurang lebih delapan bulan yang lalu saya berkesempatan mendapatkan tugas keluar daerah dan kebetulan juga daerah itu di jawa barat khusunya di  Kota Bandung. Tidak perlu berpanjang lebar mengenai kedatangan saya ke bandung yang jelas untuk kepentingan pekerjaan.

Ok, perlu saya ceritakan dan mungkin bisa menjadi bahan referensi wisata bagi anda khusunya di bandung yaitu wisata Goa Belanda. Yup.. Goa Belanda adalah salah satu goa di Bandung yang ada di Taman Hutan Raya Juanda selain Goa Jepang. Goa Belanda adalah goa yang ukurannya lebih besar dan dibangun lebih dulu dari Goa Jepang, dibangun pada masa penjajahan Belanda, dulunya Goa Belanda dibangun untuk dijadikan terowongan PLTA.

Goa Belanda berada didalam Taman Hutan Ir. Juanda – Bandung, terdapat dua buah gua bersejarah. Dua buah gua yang hanya terpisahkan jarak kurang lebih 400 meter tersebut memiliki nama yang disesuaikan dengan negara penjajah yang berkuasa saat gua tersebut di bangun. Gua Belanda yang dibangun pada tahun 1918 memiliki umur yang sedikit lebih tua dibandingkan “adik“-nya Gua Jepang yang baru dibangun pada tahun 1942. Di Goa Belanda terdapat sekitar 15 lorong dan beberapa ruangan seperti Ruang Kamar untuk tempat istirahat / tidur para Tentara Belanda, Ruang Interogasi untuk para tahanan, Penjara atau Ruang Tahanan.

Terlihat di atap gua seperti bekas ada penerangan lampu dan terdapat pula seperti bekas rel roli semacam untuk pengangkutan barang atau sejenisnya. Juga dinding – dindingnya terlihat sudah pakai semen sepertinya Goa Belanda ini telah mengalami renovasi. Di dalam Gua Belanda masih bisa ditemui lokasi penempatan radio pemancar kuno. Pada salah satu lorong gua juga terdapat rel kereta/lori yang berada di lantai gua. Konon gua ini dulunya digunakan sebagai markas militer, penjara, tempat penyimpanan senjata dan juga tempat pembangkit listrik tenaga air. Sebuah relung gua kecil tak jauh dari gua utama dan terletak sedikit diatasnya, dulunya digunakan sebagai tempat pos jaga.

Nah beberapa Jepretan Foto dan lagi-lagi menggunakan kamera dari Handphone Jadul.. check it..

Suasana Menuju Kawasan Goa Belanda
Suasana Menuju Kawasan Goa Belanda
Suasana Alam Sekital Goa Belanda
Suasana Alam Sekital Goa Belanda
View Goa Belanda Tampak Depan
View Goa Belanda Tampak Depan
View Goa Belanda Tampak Depan
Jepret Dengan Teman

One thought on “Berwisata Sejarah ke Goa Belanda – Bandung

Jangan lupa tinggalkan komentar karena 'Berbagi' itu indah..:-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s