Tips Menulis Artikel

Mendengar kata menulis sebagian orang merasa ill fell kerena berbagai faktor. Faktor tersebut bisa karena ketidakpercayaan diri terhadap potensi yang ada dalam diri seseorang masing untuk mengekspresikan segala hal dalam bentuk tulisan atau faktor lain  karena tidak memiliki sebuah  hobi untuk menulis. Perlu sobat ketahui bahwa menulis merupakan suatu tindakan dimana dapat merangsang otak kita untuk memunculkan ide-ide cemerlang yang justru ide tersebut sangat sulit di temukan jika hanya berdiam diri. jadi untuk itu, saya sarankan mulai saat ini anda harus belajar menulis apa saja yang menurut sobat itu menarik. Media untuk menulis pun tidak harus selalu menggunakan komputer atau laptop. Sobat dapat memanfaatkan kertas yang ada di rumah atau di tempat kerja.Dan jika tulisan sobat tidak ingin di ketahui banyak orang, sobat bisa menulisnya dengan buku yang biasa di sebut Diary. Tentunya sobat semua sudah tau kan apa itu diary?? Diary adalah sebuah buku pribadi yang di dalamnya berisi tulisan – tulisan yang amat rahasia dan tidak semua orang boleh membacanya. Dengan Diary sobat sudah bisa memulai menulis walaupun hanya sekedar pengalaman pribadi. Lho…. kok malah panjang lebar bahas kesana-kesini? mana tipsnya?? heee…jangan kwatir.. pasti ada kok. OK dhe,,, berikut tips Menulis Artikel Yang Sobat tunggu – tunggu..

  • Memilih Tema

Tema merupakan bagian penting yang harus di pikirkan sebelum menulis, karena tema merupakan topik yang akan di bahas dalam tulisan yang ingin sobat buat. Maka dari itu, pikirkan terlebih dulu apa tema apa yang akan di angkat. Tema bisa saja muncul begitu saja tanpa kita memikirkannya atau dengan kata lain kita mendapatkan inspirasi spontan ketika kita melihat, merasakan atau mendengar suatu objek. Tema seperti ini yang biasanya menjadi topik yang menarik karena keunikannya.  Lain hal jika kita menulis Diary, jika menulis diary apa saja bisa dituangkan dalam tulisan tanpa harus memikirkan tema. ya gag?? ya dong..

  • Membuat Kerangka Tulisan

Nah… pada bagian ini hanya membuat kerangka atau sub-sub yang kemudian akan dijabarkan sesuai dengan topik dari pada sub tersebut. Kerangka tulisan di buat mencakup pembahasan dari sebuah sub untuk memperjelas sebuah tulisan.

  • Membuat Judul Yang Menarik

Memilih Judul tulisan tak kalah penting dari dua hal yang sudah di bahas di atas. judul tulisan merupakan identidas sebuah tulisan. Mengapa demikian? karena jika sebuah tulisan tidak di sertakan dengan judul, maka ibarat ” Sayur Kurang Garam “ Oleh karena itu, buatlah sebuah judul semenarik mungkin dan seunik mungkin karena judul merukapan pasukan paling depan yang pertamakali bertemu dengan mata pembaca. Tujuan memilih judul yang menarik sudah jelas untuk menarik perhatian pembaca.

  • Membuat Ringkasan Yang Simple dan Jelas

Akhir sebuah tulisan adalah menyimpulkan seluruh isi yang telah di sampaikan. tujuannya agar pembaca lebih jelas menangkap informasi yang telah tersaji ( Kayak makanan aja.. heeee..:-D) di dalam tulisan tersebut. Dalam menyampaikan kesimpulan hendaknya menggunakan bahasa yang sederhana dan mencakup inti pembahasan.

Demikinlah beberapa tips yang sudah saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat sebagai mana mestinya dan mohon maaf apabila ada kesalahn karena saya juga masih dalam tahap belajar… Selamat Mencoba..

 

3 thoughts on “Tips Menulis Artikel

Jangan lupa tinggalkan komentar karena 'Berbagi' itu indah..:-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s