Nyepi, Bali bebas polusi

image
ogoh-ogoh

Halo…. Sahabat DeRie Berbagi yang setia.. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan suatu apapun.. (jiahhh…kayak pidato adja nhee :-))

Wahh…rasanya udah lama nhe ga update blog, sekali liat banyak tamu yang berkunjung. Ada yang bawa gula, kopi, teh, selimut, obat-obatan…. (waduhh…. Kayak ada bencana alam adja nhe.. Tengyu-yu-yu😀 )
pi maaf ya kalo ga di jamu, kan di ruang tamu udah saya sediakan minuman, yahh.. Walaupun cuma sekedar cucu angaett *Gubrakk*😛

Oh ya…. Sekedar info adja nhe… Kemarin ento Hari Raya Nyepi 1934.. NAh…lhoo pada tau ga?? Ga tau juga¿ Kemana ada bos¿¿
Ok2 jangan tonjok-tonjokan gitu donk.. Sene gw kasih tau adja.

Nyepi ento adalah Hari Raya Agama Hindu sebagai tanda pergantian tahun baru caka. Hari Raya Nyepi dilaksanakan bukan dengan cara bersenang-senang atau berhura-hura, justru sebaliknya sob. Ada 4 hal yang harus dilaksanakan dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian (4 Kegiatan Pengendalian Nafsu)
Nah..lhoo… Pada tambah pusing kan? Belum lagi bagian dan arti dari masing-masing dari ke-empatnya. Hee.. Pi bukannya belagak pinter sih, saya cuma berbagi pengetahuan adja. Dan kalo di jabarin semua bagian dari ke empat tersebut mungkin seharian penuh ga selesai… #serem amat :-[
Ok.. Saya kasih tau bagian-bagiannya adja. Pertama yang perly di kendalikan adalah Amati Geni (tidak boleh menghidupkan api), kedua Amati Karya (tidak boleh bekerja), ketiga Amati Lelungan (tidak bepergian) dan yang terakhir adalah Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Gimana? Udah jelas? Pasti sobat banyak semua timbul pertanyaan. Apa adja yang boleh di lakukan kalo gitu? Terus boleh ga makan atau minum? Dan masih banyak lagi…
Nahh….tambah pusing lagi khan..;-) heehee….

Jelasin dikit ya… Kalo nyepi ya jelas ga boleh makan atau minum. Jelas adja, orang udah ga boleh nyalain api.. Termasuk juga makanan instan. N di sarankan selama nyepi melakukan Japa Mantra Gayatri Atau sejenisnya. Dan yang pasti kegiatan yang berkaitan dengan kerohanian.

Hemmm…..ngomong-ngomong Nyepi juga nhe.. Bali bebas polusi selama 24jam lhoo.. Pokonya bali serasa lebih sejuk dan tenang kalo pas Hari Raya Nyepi. Kalo adja se-Indonesia bisa seperti Bali pasti berdampak positif banget.. Terutama bebas polusi dan hemat energi..

..Gitu adja dulu ya.. Soalnya ane post via handphone nhee jadi kayaknya acak-acakan nhee… Heeeee:-P

Udah dulu yaaa…. Kalo ada pertanyaan silahkan koment. Kritik juga ga pa2.

Send by Samsung Galaxi Mini®

25 thoughts on “Nyepi, Bali bebas polusi

  1. yups der.
    di denpasr agak sedikit ketat ya?
    kalo di kampung ku. kalo sore2 uwda boleh keluar.
    asik kan?
    heheheh
    biasa orang-orang yang mau kasi makan sapi, babi, ayam. dll. hehe

    1. hemmmm….. saya nyepi gak di denpasar alias di buleleng.. (desa)
      sepi sih iya.. pi lebih sepi malemnya karena listrik di desa saya di putus.. #hadehh,,,,

  2. Jadi ingat cerita ortu saya. Dulu waktu kecil saya ditaruh di kurungan ayam pakai lampu kecil soalnya kalau nyepi kan nggak boleh nyalain lampu rumah😀.

    1. betul itu, apa lagi jakarta terkenal dengan macetnya.. kalo memang bisa 24 jam ikut nyepi maka banyak keuntungan, selain hemat energy juga bebas polusi..🙂

Jangan lupa tinggalkan komentar karena 'Berbagi' itu indah..:-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s