Cara Efektif Menangani Layanan SMS Premium

Ilustrasi

Sms premium atau yang lebih akrab di kenal dengan sms berlangganan yang tentunya berbayar sesuai dengan ketentuan masing-masing penyedianya. mulai dari harga Rp. 500 per sms hingga Rp. 3000 persms. Akhir-akhir ini memang masih hangat-hangatnya tentang berita layanan sms premium pasalnya banyak pengaduan dari para pengguna handphone yang melangalami kerugian akibat pulsa yang tiba-tiba tersedot, walaupun pengguna tersebut tidak mengikuti atau berlangganan apapaun.

Fenomena inilah yang membuat resah para pengguna handphone dan kebanyakan dari meraka merasa dirugikan dan menyalahkan satu pihak. Oleh karena itu di perlukan sosialisasi tingkat lanjut untuk kebaikan bersama. Saya sebagai warga negara pun ikut berpartisipasi memberikan informasi yang cukup sederhana namun penting lewat perantara blog ini dan semoga informasi ini bermanfaat. ngomong-ngomong mana informasinya ya??? hee🙂 Santai..santai,,:-D hayo langsung semua pada ke TKP😛

Sahabat Setia DeRie, saat ini beberapa operator seluler nampaknya ikut mendukung gerakan pemberantasan pencurian pulsa melalui SMS Premium ini dengan menawarkan layanan untuk mengecek langganan konten yang sedang diikuti pelanggan hingga berhenti dari langganan konten tersebut dan berikut ini adalah cara untuk mengetahui SMS Premium yang sedang Anda ikuti:

→ XL

Seperti kita ketahui, XL memiliki layanan untuk mengetahui layanan SMS Premium yang sedang Anda ikuti, caranya hanya dengan dial nomor 123572# dari ponsel anda kemudian ikuti petunjuk sesuai dengan arahan  yang ada. Pelanggan XL juga bisa menghubungi 817 jika mengalami kesulitan.

Untuk amannya Anda bisa dial *123# saja, pada menu tersebut juga terdapat pilihannya, karena tidak jarang posisi menu akan berubah.

→ Telkomsel

Seperti berita yang terdapat pada situs resminya pada tanggal  18 Oktober 2011, yaitu “Telkomsel memberikan tambahan kemudahan bagi para pelanggan untuk melakukan deaktifasi layanan SMS Premium melalui direct menu bebas pulsa *111# (kartuHALO) dan *116# (simPATI dan Kartu As). Upaya ini merupakan inisiatif Telkomsel dalam menanggapi perhatian masyarakat terhadap maraknya isu penyalahgunaan SMS akhir-akhir ini.”

Setelah itu saya mencobanya dengan menggunakan kartu Simpati dan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Dial nomor *116# dan akan muncul tampilan ini
  2. Tekan pilihan 3 dan Anda akan diarahkan pada menu ini
  3. Selanjutnya input pilihan 1 dengan hasil SMS akan dikirimkan ke nomor Anda
  4. Hanya selang beberapa detik mendapatkan SMS yang intinya menginformasikan bahwa nomor saya tidak berlangganan sms premium dimanapun

→ Indosat

Untuk penyedia dari Indosat saat in saya belum mengetahui apilkasi pemeriksaan layaknya pada operator seluler seperti XL dan Telkomsel. Hanya saja ada beberapa pelanggan yang berbagi cara untuk menonaktifkan semua layanan konten Indosat (Meskipun memang agak terlambat karena semua layanan konten SMS Premium sudah di unregister oleh Menkominfo)
Anda dapat mengirim pesan singkat dengan format:  UNREG dan kirim ke 9600. Apabila berhasil, Anda akan mendapat jawaban:

“Terima kasih. Anda sudah berhenti dari semua layanan berlangganan kami”

Apabila Anda mendapatkan jawaban :

“Mohon maaf, untuk sementara SMS yang Anda kirim belum bisa kami proses. Silahkan diulangi beberapa saat lagi”

Hal inilah yang  menjadi keluhan oleh beberapa pelanggan, karena harus mengirim ulang SMS yang sama hingga mendapatkan balasan yang menandakan proses UNREG berhasil. Memang cukup sulit untuk berhenti berlangganan SMS Premium yang mencekik pulsa.

Dan untuk operator seluler lainnya, hingga saat ini saya belum menemukan dan masih mencari informasi akan adanya layanan seperti ini. Apabila kebetulan Anda sudah menemukannya, silahkan berbagi dengan saya.🙂

Artikel Terkait :

Postingan terbaru :

9 thoughts on “Cara Efektif Menangani Layanan SMS Premium

  1. wah, beberapa hari sebelum berita ini hangat,
    hape saya kebanjiran sms sialan dari empat-digit-angka
    2ribu kesedot gan, bikin geram aja..
    untungnya sekarang udah ga masuk2 lagi
    nice info lah😉

  2. Nice info.
    Btw, sebelum tau ada layanan beginian dari Telkoms*l, saya tiba2 dapet sms yang bilang bahwa layanan konten sudah dinonaktifkan semua. Padahal saya belum pernah reg/unreg apapun. Mungkin ini bentuk inisiatif Telkoms*l. Takut keburu dikeroyok pelanggan yang kesedot pulsanya.😀

Jangan lupa tinggalkan komentar karena 'Berbagi' itu indah..:-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s