Tips Mengindari Bahaya Radiasi Handphone..

Saat ini tehnologi yang telah berkembang didunia banyak memberikan manfaat untuk manusia dalam manjalani kehidupan sehari – hari. Mulai dari makan, bepergian, bekerja dan yang telah berubah menjadi kebutuhan pokok/primer (setelah sandang, pangan dan papan) yaitu handphone. Kebutuhan akan handphone di dunia tiap tahun kian meningkat. Hal ini di karenakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari dimana tidak bisa lepas dengan alat komunikasi yang satu ini. Hal tersebut di dorong dengan semakin murahnya tarif percakapan dan pengiriman pesan singkat (sms) yang di sediakan oleh peyedia layanan mobile ini.

Handphone atau yang lebih akrab disebut posel/hape adalah alat komunikasi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio sebagai medianya. Keunggulan penggunaan gelombang tersebut di bandingkan dengan yang menggunakan kabel adalah dapat di gunakan dimana saja asalkan ada sinyal. Keunggulan lain dari memanfaatkan gelombang tersebut adalah tidak membutuhkan instalasi yang rumit seperti halnya  pemasangan telephone rumah yang menggunakan kabel. Alat yang satu ini juga semakin di gemari oleh banyak kalangan masyarakat, mulai dari pejabat, selebriti, ibu rumahtangga, pelajar bahkan anak-anak. Dan hampir semua orang memiliki ponsel tak terkecuali seorang penambal ban.

Namun taukah anda bahaya dari radiasi yang ditimbulakan oleh alat komunikasi tersebut?

Tentu jawabanya bevariasi, mulai dari sangat tahu, sedikit tahu dan bahkan tidak tahu sama sekali. Perlu anda ketahui bahwa radiasi yang di pancarkan oleh ponsel dapat mengganggu kesehatan dan mental mulai dari yang ringan dan berat. Dampak buruk yang dirimbulakan oleh penggunaan ponsel tanpa kabel adalah gangguan terhadap emosional anak karena penggunaan ponsel pada anak-anak dan ibu hamil, kanker payudara, tumor otak, dan lain sebagainya. <a href="https://adegirie.wordpress.com/2011/04/10/tips-mengindari-efek-radiasi-handphone/">adegirie</a>

Untuk mengindari dan mengurangi efek tersebut berikut beberapa tips yang perlu anda petimbangkan:

  1. Batasi penggunaan ponsel yang terlalu lama. Namun jika anda memang harus berbicara lama, maka gunakanlah handfree atau handset untuk keamanan.
  2. Jika anda tidak menggunakan handfree maka tunggulah panggilan agar benar-benar terkoneksi sebelum menaruh ponsel di telinga untuk melakukan pembicaraan.
  3. Hindari meletakkan handphone dekat dengan kepala pada saat tidur agar terhindar  dari paparan radiasi terus menerus.
  4. Kurangi menelepon terlalu lama dengan ponsel karena lebih baik menggunakan telepon rumah biasa yang menggunakan kabel yang bebas radiasi gelombang elektromagnetik.
  5. Minimalisir penggunaan ponsel pada saat sinyal hanya satu bar atau kurang. Karena pada saat sinyal kurang maka ponsel akan bekerja keras untuk menstabilakan koneksi sehingga radiasi bertambah besar dan juga mengurangi daya baterai.
  6. Pilihlah ponsel yang memiliki RF Specific Absorption Rate atau SAR rendah di bawah 1,6 watt/kg agar radiasi yang ditimbulkan tidak terlalu besar yang dapat mengganggu organ tubuh kita.

Selamat mencoba..

Baca juga artikel berikut:

One thought on “Tips Mengindari Bahaya Radiasi Handphone..

Jangan lupa tinggalkan komentar karena 'Berbagi' itu indah..:-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s