Kiat Aman Menggunakan “Free Wifi”

Free Wifi
Free Wifi

Saat ini ketersediaan Wifi Gratis sangat diminati oleh semua kalangan baik anak – anak, remaja terlebih lagi mahasiswa yang sudah masuk tanggal tua:), hal ini tentu dikarenakan ada kata – kata “Gratis” yang memiliki daya tarik LUAR BIASA.

Kebutuhan akan internet selayaknya sudah menjadi kebutuhan pokok selanjutnya, pasalnya tiada hari tanpa Internet dan Internet.

Namun, amankan Free Wifi yang disediakan hotel atau bahkan kedai kopi tersebut? terlebih lagi ada penyedia Free Wifi yang dengan sengaja tidak memberikan kata sandi untuk dapat terhubung. Memang terlihat mudah dan sangat menguntungkan dibandingkan harus menanyakan kata sandi ke penyedia atau pelayan.

Alih – alih berselancar didunia maya dengan cepat dan mudah, free wifi yang terbilang tidak aman karena bisa saja sebuah “perangkap” sudah terpasang untuk mencuri data – data anda.

Untuk mencegah beberapa hal yang tidak diinginkan, dibawah ini ada beberapa tips aman mengggunakan wifi gratis yang mudah anda coba.

  1. Jangan Percaya pada jaringan WiFi yang tidak memerlukan kata sandi untuk terhubung kejaringan, karena para penjahat syber umumnya membuat jaringan seperti itu guna melacak data pribadi pengguna
  2. Matikan WiFi pada saat anda tidak menggunakannya. Selain untuk mencegah terkoneksi secara langsung ke Jaringan Wifi yang sebelumnya tersimpan juga dapat menghemat daya baterai perangkat anda
  3. Perhatikan Penggunaan. Ketika anda menggunakan WiFi gratis, hindari untuk membuka akun perbankan atau layanan – layanan penting lainnya yang terdapat informasi akun sensitif anda. Lebih baik gunakan koneksi Data Mobile anda.
  4. HTTPS. ya, Situs dengan  dukungan https akan mengenkripsi semua data yang anda kirim maupun terima dari perangkat anda.
  5. VPN. Penggunaan VPN (Virtual Private Network) dapat menjadi pertimbangan karena sistem VPN tersebut akan menenkripsi data – data yang anda kirim sehingga dalam “perjalanan” data – data tersebut tidak akan terlihat.
  6. Gunakan Antivirus. Menggunakan antivirus dapat membantu mendeteksi beberapa kemungkinan keanehan yang akan muncul ketika terhubung dengan jaringan internet. Pilihlah antivirus yang sudah terkenal seperti AVG, Kaspersky Lab, Avira dan lain – lain

Itu dia beberapa tips aman menggunakan WiFi gratis. Semoga bermanfaat dan lebih bijak dalam menggunakan Internet. Salam hangat:)

sumber : GadgetStar edisi 8-14 januari 2016 (dengan perubahan seperlunya)

Jangan lupa tinggalkan komentar karena 'Berbagi' itu indah..:-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s