Berwisata Relegius ke Pura Besakih

Suasana Sebelum Sembahyang
Suasana Sebelum Sembahyang

Berbicara mengenai bali memang tidak akan ada habisnya dan tidak akan ada ujungnya, hal ini di karenakan bali memiliki segudang cerita, sejuta cita dan ribuan pura dan budaya. Begitu uniknya Pulau bali membuat pulau ini hampir tidak sanggup menampung derasnya wisatawan yang berkunjung setiap tahun ke bali. Animo masyarakat baik domestik atau mancanegara memang sangat besar. Hal ini bisa terjadi karena bali pulau bali menawarkan pesona yang tiada tara khusunya dalam hal adat dan budaya yang hingga kini masih di jaga oleh masyarakat bali dengan baik. Adat dan budaya inilah menjadi sesuatu yang unik yang tidak di miliki oleh pulau lain. Maka dari itu sudah menjadi hukum wajib bagi generasi penurus untuk menjaga dan melestarikan budaya bali khusunya dan pada umumnya adat dan budaya Indonesia.

Beberapa kalimat di atas merupakan sekilas celoteh dari saya agar pembaca lebih mengenal dan merasa memiliki serta menjaga bersama-sama kelestarian adat budaya yang ada di bali. Singkat cerita, pada pertengahan April tepatnya Purnama Kedasa setiap tahunnya di adakan suatu upacara besar di Pura Besakih.  Pura Besakih merupakan sebuah pura terbesar atau induk dari pura -pura yang ada di pulau dewata/bali. Pura ini  terletak di desa Besakih, kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem. Letak Pura Besakih berada di lereng Barat Daya Gunung Agung pada ketinggian lebih kurang 1000 meter dari permukaan laut, dan berjarak sekitar kurang lebih 60 km ke arah timur laut dari kota Denpasar Bali. Jadi suhu di pura Besakih memang cukup dingin.

Suasana Sesudah Sembahyang
Suasana Sesudah Sembahyang

Pura Utama Besakih yang bisanya di sebut Pura Penataran Agung Besakih. Ada 3 arca yang terdapat di Pura Penataran Agung yang merupakan simbol dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi.

Suasana Pagi Di Pura Besakih
Suasana Pagi Di Pura Besakih

note: Sumber foto koleksi pribadi ade_girie

8 thoughts on “Berwisata Relegius ke Pura Besakih

Jangan lupa tinggalkan komentar karena 'Berbagi' itu indah..:-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s